Perpustakaan Unipdu Mengikuti Lomba Kearsipan

By: Admin | Posted on: 2016-02-10 | Kunjungan : 546

 

Perpustakaan Unipdu mengangkat tema Batik Jombangan dalam Gelar dan Lomba Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip yang diselenggarakan oleh Badan Perpustakaan dan Kearsipan (Bapursip) Provinsi Jawa Timur, di Hotel Narita Surabaya, 23-24 September 2014.

Menurut Yasin, Koordinator FKMSA delegasi Perpustakaan Unipdu Jombang, kelompoknya mengangkat tema kearsipan dalam bidang usaha kecil menengah batik Jombangan karena temuan dilapangan banyak karya batik khas jombang yang sudah hilang dan tidak terdokumentasikan dengan baik padahal karya-karya tersebut bernilai tinggi. Para pelaku usaha UKM batik masih belum sadar akan pentingnya mendokumentasikan dan mengarsip karya-karya yang sudah dibuat.

Kami hanya bisa menemukan 14 (empat belas) Motif batik dari ratusan batik khas Jombangan yang sudah di buat, Kami mengambil studi kasus di UKM Batik Sekar Jati di desa jatipelem. ungkap Yasin. Diambilnya tema kearsipan UKM batik Jombangan karena pemahaman kearsipan tidak harus sesuatu yang berkaitan dengan kertas dan kami ingin menggeser paradigma itu. Perpustakaan Unipdu ingin mencoba berimprovisasi, berpikir Out Of The Box, dan Arsip tidak hanya melulu sesuatu yang berkaitan dengan kertas. Jombang mempunyai potensi yang sangat besar di bidang kerajinan khususnya Batik Jombangan.

Kalah menang bukan persoalan bagi kami, yang penting batik Jombangan dikenal oleh masyarakat luas serta kami sudah ikut serta berkontribusi membantu UKM batik Jombangan dalam menyusun arsip dan katalog produk Batik Khas Jombangan.

Dalam Gelar Gelar /Lomba Forum Komunitas Masyarakat Sadar Arsip di ikuti oleh berbagai perguruan tinggi jawa timur baik negeri maupun swasta. Lomba FKMSA ini ini melombakan hasil kegiatan komunitas FKMSA diberbagai kampus dalam mensosialisasikan dan memasyarakatkan kearsipan kepada masyarakat sehingga menumbuhkan pemahaman dan kesadaran akan peranan arsip bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.